Kamis - 28 Desember 2017 - pukul 22:02:31 WIB
Peringatan HUT Polairud, Momentum Wujudkan Korpolairud yang Semakin Profesional

Kapolda Kalbar Brigjen Pol Didi Haryono menjadi inspektur upacara (Irup) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Polisi Air dan Udara (Airud) Ke-67 di Pelabuhan Seng Hie Pontianak, Jalan Barito Pontianak, Selasa (5/12/2017).

Kapolda Kalbar mengatakan peringatan HUT menjadi momentum mewujudkan Korpolairud yang semakin profesional, modern dan terpercaya. Sebagaimana tema yang diusung yakni Korpolairud siap mewujudkan Polri yang promoter guna mendukung suksesnya pengamanan Pilkada 2018.

"Semua personel harus meningkatkan kinerja Korpolairud dalam pemeliharaan keamanan di perairan dan udara Indonesia, terutama dalam mendukung berbagai agenda nasional dan kebijakan pemerintah," ungkapnya membacakan sambutan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Personel diminta memperluas keterampilan melalui pendidikan dan pelatihan guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, khususnya kejahatan antarnegara serta kejahatan terhadap kekayaan negara.

"Tingkatkan kerjasama dan kemitraan secara sinergis dengan Pemerintah Daerah, TNI, instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat sebagai bagian dalam upaya mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban (kamtibmas) masyarakat," pintanya.

Personel Korpolairud juga diimbau perluas kreativitas melalui berbagai terobosan inovatif, khususnya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat di wilayah perairan, serta pulau-pulau terluar.

"Ini agar keberadaan satuan ini bisa memberikan manfaat besar bagi rakyat Indonesia," katanya.

Brigjen Pol Didi menegaskan pentingnya keberadaan satuan ini, utamanya dalam menjaga keamanan wilayah dari sektor perairan dan udara.

Polairud memainkan peranan penting dalam mendukung pemberantasan berbagai bentuk kejahatan seperti perampokan di laut, pembalakan liar, kejahatan pertambangan, perdagangan manusia, serta berbagai bentuk kejahatan perikanan.

"Harus disadari bahwa tantangan tugas dalam menjaga wilayah perairan dan udara ke depan. Tidaklah semakin ringan," imbuhnya.

Terlebih kebijakan dan berbagai program pemerintah yang memfokuskan pada sektor kemaritiman guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Hal ini membutuhkan kesiapan dan kontribusi aktif dari Polri, khususnya Korpolairud.