Kamis - 25 Agustus 2016 - pukul 19:25:57 WIB
Kerja di Perpustakaan CIA Digaji Rp 125 Juta Per Bulan, Mau?

Ternyata profesi Pustakawan di negeri Paman Sam sangat dihargai, paling tidak bila mengacu kepada gaji bulanannya. Berikut adal artikel yang "dicopas" dari kompas.com.

KOMPAS.com — Siapa bilang, profesi pustakawan yang bekerja di perpustakaan tidak punya kesempatan mendapatkan gaji selangit?

Buktinya, badan intelijen Amerika Serikat atau Central Intelligence Agency (CIA) membuka lowongan bagi pustakawan dengan tawaran gaji yang cukup menggiurkan, yakni 50.864 dollar AS hingga 118.069 dollar AS (Rp 661 juta-Rp 1,5 miliar) per tahun.

Jumlah itu setara Rp 55 juta hingga Rp 125 juta per bulan, atau di atas rata-rata pemasukan keluarga di AS.

Sebagaimana dikutip dari CNN Money, Senin (7/3/2016), pustakawan yang direkrut CIA nantinya tak hanya bekerja di perpustakaan.

"Mereka yang terpilih juga berkesempatan menjadi bagian dari informan (embedded), ikut berbagai penugasan, serta bergabung dengan komunitas intelijen," tulis CIA.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi pelamar adalah pendidikan minimal S-2, memiliki pengalaman sebagai pustakawan, serta bersedia mengikuti pemeriksaan latar belakang.

Hal lain yang juga harus dipenuhi adalah tes kesehatan dan psikologis, termasuk harus lulus dari tes kebohongan.

"Para calon pelamar juga diwajibkan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan ilegal dalam jangka waktu setahun ini," lanjut CIA.

CIA menempatkan pustakawan sebagai profesi yang memiliki peran strategis dalam mengumpulkan dan mengelola informasi. Pemerintah federal telah mempekerjakan lebih dari 1.400 pustakawan.

Saat ini, rasio pengangguran di AS berada di level 4,9 persen. Namun, berbagai perusahaan serta institusi pemerintah mengalami kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja yang benar-benar mumpuni.

Di AS, profesi sebagai pustakawan memungkinkan seseorang mendapatkan gaji yang layak, meskipun tidak besar-besar amat.

Departemen Tenaga Kerja AS memprediksi, lowongan untuk pustakawan tetap terbuka, meskipun tidak sebanyak profesi lainnya.

Kontributor: 196205061988031014