Selasa - 05 Maret 2019 - pukul 08:48:54 WIB
Mahasiswa D III Perpustakaan Untan Mengadakan Praktek Literasi Referensi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi KalBar

Pontianak.  Kamis, 28 Februari 2019 Mahasiswa D III Ilmu Perpustakaan  Universitan Tanjungpura yang dibimbing langsung oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah Referensi bapak Saidi, M. IP., mengadakan Praktek Langsung pada mata kuliah tersebut di Ruang Referensi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat.

Koleksi referensi adalah kumpulan atau kelompok koleksi bahan perpustakaan yang terdiri dari bahan-bahan perpustakaan berisi karya-karya yang bersifat memberitahu/menunjukkan (informatif/referensial) mengenai informasi-informasi tertentu, yang disusun secara sistimatis (biasanya secara alfabetis) untuk digunakan sebagai alat petunjuk atau konsultasi.

Yang dibahas pada kegiatan ini adalah mengenai  Indeks dan Abstrak. Indeks adalah dapat merupakan daftar kata atau istilah yang biasanya terdapat pada bagian akhir dari suatu buku tersusun secara alfabetis, yang memberikan informasi mengenai halaman dimana terdapat masing-masing kata atau istilah yang terdaftar tersebut.  

Juga dapat merupakan buku acuan yang berisi daftar karya tulis yang disusun secara sistematis (biasanya secara alfabetis), yang menunjukkan dimana masing-masing karya tulis tesebut dapat ditemukan. Karya tulis tersebut dapat berupa : artikel terbitan berkala, kutipan- kutipan/bagian-bagian buku teks, tesis, disertasi, laporan penelitian, terbitan pemerintah,

pidato, dan lain-lain. Abstrak merupakan perluasan daripada indeks yang berisi ringkasan isi (sari karangan) dari karya tulis yang diindeks, yang sering terbatas pada subyek tertentu.

oleh : Wela