Selasa - 28 Januari 2014 - pukul 18:26:42 WIB
Rubijanto: Robo-robo Icon Wisata Daerah

Wakil Bupati Kabupaten Pontianak, Rubijanto mengungkapkan robo - robo merupakan icon wisata daerah Kalimantan Barat dan wajib dilestarikan. Dan untuk tahun 2014 perayaan robo - robo dirayakan dua kali yakni pertama pada 1 Januari 2014 dan kedua pada 17 Desember 2014 mendatang.

Ia memastikan, perayaan robo-robo pada 17 Desember 2014 akan lebih besar dari perayaan robo-robo sekarang lantaran akan difasilitasi Kabupaten Pontianak.  Menurutnya, perayaan robo-robo  dapat menyedot wisatawan domestik dan asing. Karena robo-robo, bukan hanya masuk dalam event daerah, melainkan sudah masuk dalam event nasional.

"Inilah yang diharapkan dapat mengangkat Kabupaten Pontianak apalagi Kab Pontianak tak lama lagi akan berganti nama menjadi Kabupaten Mempawah. Kita harapkan persetujuan dari Pemerintah Pusat bisa diturunkan dan dilaunching pada 5 Februari 2014,".  

Dilanjutkan, setiap tahun Pemkab Pontianak selalu berusaha meningkatkan event budaya robo-robo. Menurutnya yang perlu mendapat perhatian serius yakni tata lingkungan wisata budaya robo-robo.

"Paling penting itu tata lingkungannya. Sehingga orang-orang yang menikmati wisata budaya ini merasa terkesan. Lokasi-lokasi yang akan dibenahi tata lingkungannya yakni di Kuala Mempawah dan beberapa lokasi lain. Kita akan mendrorong APBD dapat membenahi lingkungan wisata budaya robo-robo," ucapnya.

http://pontianak.tribunnews.com/2013/12/31/rubijanto-robo-robo-icon-wisata-daerah