Jumat - 25 Mei 2018 - pukul 17:21:22 WIB
Kepingan Sejarah di Taman Arboretum

Setelah mengunjungi Taman Ayani, pengunjung boleh bergeser ke Taman Arboretum Sylva Untan. Lokasinya tak jauh dari Taman Ayani, tepatnya di sisi kiri gerbang masuk Universitas TanjungPura (Untan) Pontianak.

Taman Arboretum Sylva Untan juga menarik perhatian pengunjung. Taman yang diresmikan bersamaan dengan peresmian Taman Ayani pada malam pergantian tahun baru 2018 itu berada di kawasan hutan kota, yakni Arboretum Sylva Pc yang dikelola oleh Fakultas Kehutanan Untan. Di Taman Arboretum Sylva Untan disediakan fasilitas taman rooftop garden serta relief pahlawan Digulis serta plaza dan bangku taman. Taman rooftop garden yang berbentuk setengah jembatan di atasnya terdapat taman bunga. Warna – warni bunganya langsung mengingatkan pengunjung pada warna kain corak insang, khas Pontianak. Namun taman ini bukan sekedar taman bunga, karena pada dinding bangunan terdapat relief atau diorama berisi kepingan sejarah mengenai pergerakan politik di kota ini, khususnya pejuang simbol Tugu Digulis untuk mengenang perjuangan para pahlawan tersebut.

“Di taman Arboretum Sylva Untan ini ada diaroma kehidupan masyakarat di zaman Belanda. Ada juga tentang sebelas pahlawan yang diasingkan ke Boven Digoel, inilah yang menjadi sebab mengapa tugu bambu runcing itu disebut tugu Digulis. Jangan sampai tidak tahu lagi,” kata Walikota Pontianak, Sutarmidji. Saat peresmian dua taman tersebut, Sutarmidji juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Untan yang telah memberi kesempatan kepada Pemkot Pontianak untuk menata ruang terbuka hijau yang lebih representatif dan lahannya milik Untan.

Taman Ayani dan Arboretum Sylva Untan akan semakin ramai ketika sore menjelang, terdapat beberapa buah kursi yang bisa dijadikan tempat bersantai menikmati keriuhan jalan Pontianak. Ketika sore, terutama menjelang malam, kursi – kursi ini akan penuh. Pengunjung menenteng kamera dan menggenggam smartphone masing – masing, mengabadikan pemandangan di taman. /Claudia liberani tribun pontianak